INGAT…! ASN B/S DILARANG LIKE STATUS PASLON.

MC.KOMINFO B/S, Bupati BS, H.Dirwan Mahmud telah mengeluarkan surat edaran tentang larangan ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan untuk mendukung pasangan calon (paslon) dalam pesta demokrasi mendatang baik, baik Pileg, Pilkada maupun Pilpres. Ini menindaklanjuti Surat KASN Nomor B.2900/KASN/11/2017 tentang pengawasan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) pada pelaksanaan Pemilu.

Semua aktifitas ASN termasuk di dunia maya dalam penggunaan media social juga akan diawasi. Bahkan, ASN juga dilarang memberikan like, pada status paslon maupun konten yang berbau pilkada di luar akun KPU. Jika terbukti, maka siap-siap akan mendapat sanksi. “Untuk menjaga netralitas jelang Pilkada maupun Pemilu, maka diberitahukan semua ASN untuk tidak bersikap pada aktifitas politik, karena KASN sudah menyampaikan surat himbauan dan meminta pimpinan OPD mengawasi setiap ASN,” ujar kepala BKPSDM Bengkulu Selatan, H. Minarman, SH. Dikutip dari SKHRasel, 27 Februari 2018.

Dijelaskan Minarman ada banyak hal yang mengarah aktifitas politik yang diminta diawasi, keikutsertaan dalam acara deklarasi parpol, ucapan dan tindakan yang menghimbau atau mengarahkan pihak lain untuk memilih salah satu calon, menggunakan simbol atribu parpol, atau bakal calon peserta Pilkada, memposting photo calon baik dengan komentar, atau hanya dengan like saja di media social dan lainnya yang sudah mengarah pada kegiatan berpolitik praktis dapat dipersepsikan sebagai tindakan keberpihakan serta konflik kepentingan.

Dalam surat edaran itu, Bupati H. Dirwan Mahmud menghimbau seluruh ASN harus netral pada saat penyelenggaraan Pemilu Bupati meminta pimpinan  OPD melakukan pengawasan dan mengimbau segenap ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan  untuk menjaga netralitasnya dalam berbagai kegiatan politik. Apabila, terdapat oknum ASN yang melakukan penyelenggaraan maka akan dikenakan sanksi administratif maupun sanksi disiplin kepegawaian sesuai ketentuan UU. (Odi, Reporter MC.Kominfo B/S)m

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 + sixteen =