Bunga Langka Amorphophallus Titanum Mekar Sempurna

MC.KOMINFO B/S. Kawasan Air Terjun Geluguran kembali menjadi tempat berkembangnya puspa langka Bunga Bangkai atau Bunga Kibut (Amorphophallus Titanum). Bunga raksasa setinggi 2 meter tersebut telah mekar sempurna di kawasan perbatasan hutan APL Dusun Pulau Lebar dengan Taman Hutan Raya Geluguran Dusun Pulau Lebar Desa Kayu Ajaran kecamatan Ulu Manna.

Bunga Bangkai ini tumbuh berjarak hanya 300 meter dari lokasi Bunga Raflesia yang mekar sebelumnya di Dusun Pulau Lebar Desa Kayu Ajaran tepatnya di kawasan objek wisata alam Air Terjun Geluguran. Itu menjadikan kawasan tersebut menjadi salah satu lokasi tumbuhnya dua flora ikon daerah yang dilindungi.

Kepala Resort Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) BS, Rinjuan Windi, mengatakan bunga bangkai tersebut sudah mekar sempurna, Senin (25/6) lalu. Saat mekar, bunga bangkai mengeluarkan bau busuk menyengat. Meski mengeluarkan aroma tak sedap, kecantikan kelopak berwarna merah keunguan tersebut membuat para pengunjung dari berbagai daerah terus berbondong-bondong untuk datang.

Masa mekar bunga raksasa ini hanya sekitar 7 hari. Bunga bangkai tersebut kemudian akan layu dan kembali mengulangi siklus hidupnya dengan tumbuhnya pohon baru di atas umbi bunga bangkai yang mati. Siklusnya sendiri memakan waktu sekitar 3 tahun.

“Saat ini kondisi bunga masih mekar. Saya harap pengunjung sama-sama menjaga dan tidak merusak bunga langka ini,” ujar Rinjuan.

Salah seorang pengunjung, Iskandar, warga Kelurahan Belakang Gedung, rela datang ke lokasi tersebut hanya untuk dapat melihat langsung dan mengabadikan foto. “Tinggi sekali bunganya, besar,” ujarnya kagum. (ali.MC KOMINFO)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × one =