Energi Terbarukan Menjadi Incaran Investor

MC.KOMINFO B/S. Kabupaten Bengkulu Selatan mempunyai potensi besar dalam pengembangan bidang energi baru dan terbarukan. Khususnya pemanfaatan sungai yang ada.

Hal ini bisa dilihat dari minat investor yang mengajukan perizinan dan melirik potensi sungai untuk sektor energi terbarukan. Di antaranya potensi pengembangan pembangkit listrik tenaga air.

Data Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Bengkulu Selatan, tercatat empat investor mengajukan perizinan pengelolaan potensi sumber energy, khususnya pemanfaatan sungai. Dari empat investor tersebut, tiga di antaranya sudah melengkapi perizinan di DPM-PTSP Bengkulu Selatan dan sudah memulai menanamkan investasi. Sedangkan satu investor lainnya masih dalam proses penjajakan.

Investor yang sudah berinvestasi tersebut adalah PT. Indonesia Power yang berencana mengembangkan pembangkit listrik tenaga mikro hidro di Ulu Manna dengan nilai investasi Rp 923 miliar. Kemudian PT. Manna Energi Pratama yang juga bergerak di bidang pembangkit listrik tenaga mikro hidro di Air Nipis dengan investasi terealisasi mencapai Rp 20 miliar.

“Izin beberapa perusahan tersebut masuk pertengahan tahun lalu, saat ini realisasi investasi mereka sudah mencapai ratusan miliar. Berdasarkan nilai komitmen investasi dari semua investor yang masuk tersebut, bisa mencapai triliunan,” ujar Kepala DPM-PTSP Bengkulu Selatan, Drs. H. Samsu Hardi didampingi Kabid Pengendalian Penanaman Modal, Hendra Gunawan, SE.

Ditambahkan Hendra, sebagai gambaran, tahun lalu ada 15 perusahaan atau investor yang menanamkan modalnya di Bengkulu Selatan. Total nilai investasi mencapai Rp 1,07 triliun. Hanya saja yang baru terealisasi atau modal yang sudah mereka kelola atau ditanamkan di Bengkulu Selatan baru berkisar Rp 405 miliar.

“Dengan terus berkembangnya investasi ini, kami optimis dan tetap berharap bisa meningkatkan perekonomian daerah. Tentunya juga akan baik bagi perekonomian masyarakat,” pungkasnya. (ali.MC KOMINFO)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × three =