MC KOMINFO B/S. Dinas Ketahanan Pangan (DKP) BS, menyalurkan bantuan untuk korban bencana di beberapa desa. Mulai dari korban kebakaran hingga korban banjir, mendapatkan bantuan beras jatah hidup untuk satu bulan.
Total beras yang disalurkan mencapai 1.128 kilogram untuk 20 Kepala Keluarga (KK) korban bencana. Para penerima bantuan, tiga KK korban kebakaran di Desa Kembang Seri Kecamatan Pino Raya, serta 17 KK korban banjir di Desa Ketaping, Desa Lubuk Sirih Ulu dan Desa Lubuk Sirih Ilir Kecamatan Manna serta Desa Air Kemang dan Desa Kemang Manis Kecamatan Pino Raya.
Kepala DKP BS, Ir. Iskandar AZ, mengatakan khusus korban kebakaran, selain menerima beras, juga paket sembako. “Bantuan ini untuk membantu para korban bencana meringankan beban hidup mereka,” ungkap Iskandar.
Bantuan disalurkan dari cadangan pangan pemerintah daerah yang memang disiapkan untuk kebutuhan mendesak. “Daerah memiliki cadangan pangan untuk menghadapi situasi tertentu, termasuk untuk membantu korban yang terkena bencana,” sambung Iskandar.
Bantuan yang diserahkan dihitung sesuai dengan jumlah anggota keluarga per KK dan perkiraan kebutuhan pangan yang diperlukan. Korban kebakaran menerima bantuan paket sembako dan beras lebih banyak karena mereka dinilai lebih layak dibantu.
Sedangkan korban banjir, meski sama-sama mengalami musibah, sudah dapat kembali beraktivitas dan berusaha. “Kalau korban kebakaran itu, mereka harus membangun kembali rumah mereka. Jadi daerah membantu kebutuhan pangan mereka. Beda dengan korban banjir yang tidak mengalami kerusakan tempat hunian mereka,” demikian Iskandar. (ali MC.KOMINFO)

Daftar Penerima Bantuan Beras Cadangan Pangan Daerah
No. Nama Desa Nama KK Anggota Keluarga Jumlah Beras
1. Lubuk Sirih Ulu Marno 4 orang 48 Kg
Muhardin Effendi 5 orang 60 Kg
2. Ketaping Sono 6 orang 72 Kg
Sadat 5 orang 60 Kg
Asni 2 orang 24 Kg
Edi Stepen 2 orang 24 Kg
3. Air Kemang Wakip 5 orang 60 Kg
Jonri 4 orang 48 Kg
Jahal 3 orang 36 Kg
Mulyadi 4 orang 48 Kg
Eldi 4 orang 48 Kg
4. Kemang Manis Ramadansyah 6 orang 72 Kg
Ja’ip 3 orang 36 Kg
Mudin 4 orang 48 Kg
Rudi Hartono 4 orang 48 Kg
Suharno 4 orang 48 Kg
Putrin 5 orang 60 Kg
5. Kembang Seri Sahidin 4 orang 144 Kg
Bahim 1 orang 36 Kg
Darmin 3 orang 108 Kg
Jumlah 78 orang 1.128 Kg
(sumber: dkp bs)