Plt. Bupati Instruksikan Kades Buat Perdes Ternak

MC.KOMINFO, Dalam upaya menyukseskan Program Nasional peningkatan mutu, hasil dan produksi tanaman pangan, Pemerintah Desa (Pemdes) diharapkan dapat membuat terobosan kebijakan upaya penertiban hewan ternak. Selain itu juga membuat peraturan desa (Perdes) untuk mengoptimalkan jenis lahan yang ada di wilayah masing-masing.
Selama ini, hewan ternak masih menjadi salah satu gangguan petani untuk mengembangkan tanaman. Dengan adanya regulasi Perdes, diharapkan warga tidak lagi melepasliarkan hewan ternak mereka.
“Penertiban hewan ternak bukan hanya tugas Satpol PP, tapi tugas bersama. Untuk itu saya sudah buat surat edaran (SE) kepada OPD teknis, Camat, Kepala BPP dan PPK serta Kades untuk dapat membuat Perdes penertiban hewan ternak,” ujar Plt Bupati BS, Gusnan Mulyadi.
Selain itu, Plt Bupati juga terus mendorong peran BUMDes untuk pengembangan usaha ternak. Plt Bupati menilai peluang usaha ternak masih cukup besar. Apalagi memiliki lokasi strategis pengembangan hewan ternak.
Terkait hewan ternak yang sering berkeliaran di komplek perkantoran, Plt Bupati berharap Satpol PP lebih intensif melakukan penertiban. “Utuk lokasi perkantoran dan kawasan perkotaan, menjadi tugas Satpol PP melakukan penertiban. Kalau di wilayah desa, harus ada peran Pemdes dengan membuat aturan hewan ternak,” pungkasnya. (ali.MC KOMINFO)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 5 =