Tes CPNS Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan Tahun 2018

Pada tahun 2018, Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan akan melaksanakan seleksi untuk menjaring Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Kepastian rencana penerimaan tes CPNS tersebut setelah Pemkab. Bengkulu Selatan mendapatkan alokasi formasi dari Kementerian Pendayagunaan dan Aparatur Negara Republik Indonesia

  1. Formasi Tes CPNS Kabupaten Bengkulu Selatan Tahun 2018
  2. Persyaratan Peserta Tes CPNS 2018
  3. Tata Cara Pendaftaran Tes CPNS 2018
  4. Pelaksanaan Ujian Seleksi Kompetensi Dasar dan Kompetensi Bidang
  5. Jadwal Tahapan Seleksi dan Pelaksanaan Ujian
  6. Lampiran

FORMASI TES CPNS KABUPATEN BENGKULU SELATAN TAHUN 2018

Formasi yang diterima oleh Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan dari Kementerian Pendayagunaan dan Aparatur Negara Republik Indonesia untuk pelaksanaan tes CPNS Tahun 2018 di dominasi oleh tenaga pendidikan dan kesehatan, dengan rincian sebagai berikut:

NO
FORMASI
JUMLAH
I FORMASI KHUSUS
1.   Tenaga Guru (K2)
2.   Cumlaude
3.   Disabilitas
 

8
2
2
Jumlah
12
II FORMASI UMUM
1.   Tenaga Pendidikan
2.   Tenaga Kesehatan
3.   Tenaga Teknis
 

159
31
48
Jumlah
238
TOTAL
250

Kembali ke atas

PERSYARATAN PESERTA TES CPNS 2018

A. Persyaratan Umum

  1. Warga Negara Indonesia,
  2. Usia paling rendah 18 (delapan belas) tahun dan paling tinggi 35 (tiga puluh lima) tahun pada saat melamar;
  3. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih;
  4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia;
  5. Tidak berkedudukan sebagai CPNS, PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia;
  6. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis;
  7. Memiliki kualifïkasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan;
  8. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar serta tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya;
  9. Berijazah sesuai dengan formasi jabatan yang dipilih oleh pelamar;
  10. Lulusan Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta dan Program Studi yang terakreditasi dalam Badan Akreditasi Nasional dan terdaftar di forlap Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi saat kelulusan;
  11. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dari Perguruan Tinggi yang terakreditasi, minimal 2,50 (dua koma lima nol)
  12. Bersedia mengabdi di Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan, dan tidak mengajukan pindah dengan alasan apapun sekurang-kurangnya 10 (sepuluh) tahun sejak terhitung mulai tanggal pengangkatan CPNS;

B. Persyaratan Khusus

  1. Ketentuan dan persyaratan penetapan kebutuhan formasi khusus yaitu:

a. Putra/Putri Lulusan Terbaik Berpredikat Dengan Pujian (cumlaude) dari Perguruan Tinggi Dalam atau Luar Negeri, dengan ketentuan sebagai berikut:

1)   Formasi Lulusan Terbaik Berpredikat Dengan Pujian (cumlaude) dikhususkan bagi putra/putri lulusan minimal jenjang pendidikan Strata 1 sesuai dengan formasi yang tersedia;
2)   Calon pelamar merupakan lulusan dari Perguruan Tinggi Dalam Negeri dengan predikat dengan pujian (cumlaude) dan berasal dari Perguruan Tinggi terakreditasi A/Unggul dan Program Studi terakreditasi A/Unggul pada saat kelulusan;
3)   Calon pelamar dari lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri dapat mendaftar setelah memperoleh penyetaraan ijazah dan surat keterangan yang menyatakan predikat kelulusannya setara dengan angka 2) dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi;

b.   Tenaga Pendidik dari Eks Tenaga Honorer Kategori II, dengan ketentuan sebagai berikut:

1)   Diperuntukkan bagi Eks Tenaga Honorer Kategori II yang terdaftar dalam database Badan Kepegawaian Negara dan memenuhi persyaratan perundang-undangan sebagai Tenaga Pendidik;
2)   Persyaratan sebagaimana dimaksud huruf a merujuk pada Undang-Undang nomor 5 Tahun 2014, Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2005 sebagaimana terakhir diubah dengan Peraturan Nomor 56 Tahun 2012 dan Undang-Undang nomor 14 Tahun 2005 bagi Tenaga Pendidik;
3)   Usia paling tinggi 35 tahun per tanggal 1 Agustus 2018, masih aktif bekeija secara terus-menerus sampai sekarang;
4)   Bagi Tenaga Pendidik minimal berijazah Strata I yang diperoleh sebelum pelaksanaan seleksi Tenaga Honorer Kategori II pada tanggal 3 November 2013;
5)   Memiliki tanda bukti nomor ujian Tenaga Honorer Kategori II Tahun 2013, dan
6)   Memiliki Kartu Tanda Penduduk.

c.    Penyandang Disabilitas dengan ketentuan sebagai berikut:

1)   Calon pelamar penyandang disabilitas atau berkebutuhan khusus dengan kreteria mampu melaksanakan tugas seperti menganalisis, mengetik, menyampaikan buah pikiran, dan berdiskusi;
2)   Calon pelamar dari penyandang disabilitas wajib melampirkan surat keterangan dokter yang menerangkan jenis/tingkat disabilitasnya;
3)   Calon pelamar dari penyandang disabilitas berusia serendah-rendahnya 18(delapan bêlas) tahun dan setinggi-tingginya 35 (tiga puluh lima) tahun pada saat melamar;
4)   Panitia penyelenggara dan/atau Badan Kepegawaian Negara menyediakan petugas/pendampingan saat pelaksaan Seleksi Kompetensi Dasar dan Seleksi Kompetensi Bidang;

Kembali ke atas

TATA CARA PENDAFTARAN TES CPNS 2018

Pendaftaran CPNS 2018 dilakukan dengan tata cara sebagai berikut:

  1. Pendaftaran/Registrasi dilaksanakan secara online ke alamat website Portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) http://sscn.bkn.go.id
  2. Calon Pelamar Seleksi Penerimaan CPNS wajib memiliki e-mail yang masih aktif/berlaku;
  3. Untuk melakukan pendaftaran secara online pelamar harus memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (NKK) yang akan digunakan saat melakukan pendaftaran pada Portal Nasional SSCN 2018;
  4. Calon peserta seleksi diberikan kesempatan melamar hanya di 1 (satu) instansi/daerah, untuk 1 (satu) pilihan nama jabatan dalam 1 (satu) jenis formasi jabatan pada 1 (satu) période pendaftaran;
  5. Pada saat pelamar melakukan pendaftaran secara online, wajib mengunggah (upload) hasil scan dokumen yang dibutuhkan yaitu :

a.  Surat lamaran yang dibuat dengan tulisan tangan sendiri, tinta hitam, menggunakan huruf kapital, dan ditandatangani asli sebanyak 1 (satu) lembar ditujukan kepada Bupati Bengkulu Selatan di Manna;
b.    Ijazah asli sesuai jenjang pendidikan yang dipersyaratkan dalam formasi jabatan yang dilamar;
c.    Transkrip Nilai Asli;
d.    Bukti Akreditasi yang masih berlaku yang dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT);
e.    Kartu Tanda Penduduk Asli atau Surat Keterangan telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bengkulu Selatan;
f.     Pas foto terbaru berlatar belakang wama merah 3×4;

6.   Setelah semua tahapan pendaftaran selesai, data pelamar akan masuk ke database SSCN;
7.   Pelamar yang telah melakukan pendaftaran online sesuai formasi jabatan yang dilamar wajib menyampaikan berkas-berkas sebagai berikut:

a.    Formulir Pendaftaran yang telah dicetak sebanyak 1 (satu) lembar;
b.  Surat lamaran yang dibuat dengan tulisan tangan sendiri, tinta hitam, menggunakan huruf kapital, dan ditandatangani asli sebanyak 1 (satu) lembar ditujukan kepada Bupati Bengkulu Selatan di Manna;
c. Fotocopy ijazah perguruan tinggi yang disahkan/dilegalisir oleh Rektor/Dekan/Ketua/Direktur bagi Universitas/Institut/Sekolah Tinggi/Akademi/Politeknik, dengan stempel basah dan bukan stempel fotocopy, sebanyak 1 (satu) lembar;
d.   Fotocopy transkrip nilai akademik perguruan tinggi yang disahkan/dilegalisir Rektor/Dekan/Ketua/Direktur bagi Universitas/Institut/Sekolah Tinggi/Akademi/Politeknik, dengan stempel basah dan bukan stempel fotocopy, sebanyak 1 (satu) lembar;
e. Fotocopy Bukti Akreditasi yang masih berlaku yang dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), sebanyak 1 (satu) lembar;
f.   Untuk formasi jabatan Guru lampirkan sertifikat pendidik bagi yang memiliki, sebanyak 1 (satu) lembar;
g. Untuk pelamar formasi khusus (Cumlaude) wajib melampirkan keterangan lulus (Cumlaude)/pujian pada ijazah/transkrip nilai atau sertifikat Cumlaude ;
h.  Pas photo wama berlatar belakang merah ukuran 3×4 cm sebanyak 3 (tiga) lembar, 1 (satu) lembar ditempel pada formulir pendaftaran dan 2 (dua) lembar lainnya ditulisi nama pelamar di bagian belakang foto;
i.   Surat Pemyataan tidak pernah dihukum penjara, dan lain-lain yang ditandatangani di atas materai Rp.6000,- oleh calon pelamar (sesuai anak lampiran I-d Keputusan Kepala BKN Nomor 11 Tahun 2002), sebanyak 1 (satu) lembar (format surat pemyataan dapat diunduh (Download) pada website https://bkpsdm.bengkuluselatankab.go.id
j.  Surat pemyataan bersedia mengabdi pada Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan dan tidak mengajukan pindah dengan alasan apapun sekurang-kurangnya selama 10 (sepuluh) tahun sejak TMT PNS, dalam hal peserta seleksi tetap mengajukan pindah maka yang bersangkutan dianggap mengundurkan diri, sebanyak 1 (satu) lembar (format surat pemyataan dapat diunduh (Download) pada website https://bkpsdm.bengkuluselatankab.go.id
k.   Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku yang disahkan/dilegalisir oleh pejabat yang berwenang, sebanyak 1 (satu) lembar;

8.   Semua kelengkapan tersebut diatas yang disebutkan pada point 7, disusun rapi sesuai dengan urutan dan dimasukkan dalam map biola biasa. Pada bagian depan map tersebut ditulis nama lengkap, pendidikan, jabatan yang dilamar, alamat lengkap, dengan wama map sebagai berikut :

1)   Warna merah untuk formasi jabatan kesehatan,
2)   Warna kuning untuk formasi jabatan tenaga teknis dan formasi khusus
3)   Warna biru untuk formasi jabatan guru.

9.   Pengiriman berkas pendaftaran dikirim hanya melalui POS INDONESIA mulai tanggal 26 September s/d 10 Oktober 2018 dengan alamat PO BOX 212 BENGKULU SELATAN Cq. Panitia Pelaksana Seleksi CPNS Kabupaten Bengkulu Selatan;
10.  Pelamar yang tidak mengikuti tata cara dan persyaratan yang telah ditentukan maka dinyatakan gugur;
11.  Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan diumumkan melalui website http://sscn.bkn.go.id dan https://bkpsdm.bengkuluselatankab.go.id dapat langsung mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian;

Kembali ke atas

PELAKSANAAN UJIAN SELEKSI KOMPETENSI DASAR DAN KOMPETENSI BIDANG

  1. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dapat mengikuti seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT);
  2. Pelamar yang dinyatakan lulu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dapat mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB);
  3. Syarat mengikuti ujian dengan membawa :
    a. Kartu Tanda Penduduk, apabila dalam keadaan yang mendesak maka  peserta dapat menunjukkan Kartu Keluarga atau Surat Keterangan telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
    b.   Kartu Tanda Peserta Ujian.
  4. Apabila peserta ujian tidak membawa persyaratan sebagaimana tersebut pada point (3) di atas, peserta tidak dapat mengikuti ujian dan dinyatakan gugur;
  5. Apabila peserta ujian tidak hadir pada jadwal yang telah ditentukan, peserta tidak dapat mengikuti ujian dan dinyatakan gugur;
  6. Peserta ujian menggunakan pakaian kemeja putih, celana panjang hitam dan sepatu hitam (kaos, celana jeans dan sandal tidak diperkenankan);
  7. Peserta ujian di dalam ruang tes dilarang membawa :
    a.    Buku-buku dan catatan lainnya;
    b.   Kalkulator, telepon genggam (HP), kamera dalam bentuk apapun, jam tangan, bolpoint, gelang, kalung, headset dan lain-lain;
    c.    Makanan dan minuman;
    d.   Senjata api/tajam dan sejenisnya;
  8. Prinsip dan Penentuan Kelulusan yaitu :
    a. Prinsip penentuan kelulusan peserta Seleksi Kompetensi Dasar didasarkan pada nilai ambang batas kelulusan (passing grade);
    b.   Nilai ambang batas kelulusan (passing grade) Seleksi Kompetensi Dasar sebagai berikut :

1)   Nilai ambang batas Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018 untuk formasi umum yaitu:

> 143 (seratus empat puluh tiga) untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP);
> 80 (delapan puluh) untuk Tes Intelegensia Umum (TIU); dan
> 75 (tujuh puluh lima) untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

2)   Nilai ambang batas Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018 bagi peserta yang mendaftar pada jenis formasi khusus yaitu:

> Nilai kumulatif Seleksi Kompetensi Dasar bagi Putra/Putri Lulusan terbaik Berpredikat Dengan Pujian (cumlaude) paling sedikit 298 (Dua Ratus Sembilan Puluh Delapan), dengan nilai TIU paling  rendah 85 (delapan puluh lima);
> Nilai kumulatif Seleksi Kompetensi Dasar bagi penyandang Disabilitas paling sedikit 260 (dua ratus enam puluh), dengan nilai TIU serendah-rendahnya 70 (tujuh puluh);
> Nilai kumulatif Seleksi Kompetensi Dasar bagi Tenaga Guru dari Eks Tenaga Honorer Kategori II paling sedikit 260 (dua ratus enam puluh), dengan nilai TIU paling sedikit 60 (enam puluh);

c.    Apabila peserta seleksi memperoleh nilai kelulusan yang sama setelah integrasi nilai Seleksi Kompetensi Dasar dan Seleksi Kompetensi Bidang, maka penentuan kelulusan akhir secara berurutan didasarkan pada :

1)   Nilai Total Hasil Seleksi Kompetensi Dasar yang lebih tinggi;
2)   Apabila tersebut angka 1) masih sama, maka penentuan kelulusan akhir didasarkan secara berurutan mulai dari nilai Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK);
3)   Apabila tersebut angka 2) masih sama, maka penentuan kelulusan akhir didasarkan pada nilai IPK bagi lulusan Diploma/Sarjana.
4)   Apabila tersebut angka 3) masih sama, penentuan kelulusan didasarkan pada usia tertinggi.

d.   Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dilaksanakan dengan sistem CAT

1)   Peserta dan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

a)    SKB dilaksanakan setelah pelamar/peserta seleksi dinyatakan telah memenuhi nilai ambang batas/Passing Grade Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
b)   Jumlah peserta yang dapat mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) paling banyak 3 (tiga) kali jumlah kebutuhan pada masing-masing Jabatan berdasarkan peringkat nilai Seleksi Kompetensi Dasar (SKD);
c)    Peleksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) harus menggunakan CAT sesuai dengan kebutuhan jabatan menggunakan fasilitas komputer dan penunjang lain yang dikoordinasikan oleh BKN;
d)   Hasil Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) disampaikan ke BKN dalam bentuk softcopy dan hardcopy.

2)   Pengolahan hasil Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

a)    Bobot hasil integrasi nilai Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yaitu:

(1)  Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan bobot 40%
(2)  Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dengan bobot 60%

b)   Integrasi nilai Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan nilai Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dilakukan oleh Badan Kepegawaian Negara;
c)    BKN menyampaikan hasil integrasi SKD dan SKB sebagaimana tersebut pada huruf (b) disampaikan kepada Pejabat Pembina Kepegawaian.

e.    Pengumuman peserta yang dinyatakan lulus dilakukan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian berdasarkan hasil integrasi nilai Seleksi  Kompetensi Dasar dan nilai Seleksi Kompetensi Bidang dari Badan Kepegawaian Negara;
f.     Penetapan dan pengumuman terhadap peserta seleksi yang dinyatakan lulus tahap akhir tidak melebihi jumlah formasi pada masing-masing jabatan dan kualifikasi pendidikan sebagaimana ditetapkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi;
g.    Dalam hal peserta seleksi sudah dinyatakan lulus oleh Pejabat Pembina Kepegawaian, namun tidak memenuhi persyaratan untuk ditetapkan NIP oleh Badan Kepegawaian Negara, maka Pejabat Pembina Kepegawaian tidak dapat menetapkan Surat Keputusan pengangkatan yang bersangkutan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil;
h.   Peserta yang sudah dinyatakan lulus tahap akhir seleksi dan sudah mendapat persetujuan NIP kemudian mengundurkan diri, kepada yang bersangkutan diberikan sanksi tidak boleh mendaftar pada penerimaan Calon Pegawai Negeri sipil untuk période berikutnya;

Kembali ke atas

JADWAL TAHAPAN SELEKSI DAN PELAKSANAAN UJIAN

NO PELAKSANAAN/TAHAPAN TANGGAL/WAKTU
1. Pengumuman Penerimaan dan Alokasi Formasi di Portal SSCN http://sscn.bkn.go.id dan http://bkpsdm.bengkuluselatankab.go.id 19 September s/d 03 Oktober 2018
2. Pendaftaran secara online melalui http://sscn.bkn.go.id 26 September s/d 10 Oktober 2018
3. Penyampaian/Pengiriman Berkas 26 September s/d 10 Oktober 2018
4. Pengumuman Kelulusan Seleksi Administrasi Menunggu pemberitahuan selanjutnya
5. Cetak Kartu Peserta Ujian SKD secara online/mandiri Menunggu pemberitahuan selanjutnya
6. Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Menunggu pemberitahuan selanjutnya
7. Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Menunggu pemberitahuan selanjutnya
8. Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Menunggu pemberitahuan selanjutnya
9. Integritas Nilai SKD dan SKB Menunggu pemberitahuan selanjutnya
10. Pengumuman Kelulusan Akhir secara online CPNSD Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan Tahun 2018 Menunggu pemberitahuan selanjutnya
11. Pemberkasan bagi peserta yang dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir Menunggu pemberitahuan selanjutnya

Kembali ke atas

DOWNLOAD LAMPIRAN

11 Responses

  1. Angga fauzan restu says:

    Kapan tanggal terakhir pengiriman berkas?

  2. Revi says:

    Kenapa web untuk penerimaan cpns tidak update?

  3. Revi says:

    Assalamualaikum, selamat pagi.
    Mau bertanya kapan ya web ini bisa update untuk penerimaan cpns? Karena kami para pelamar bingung memperoleh info dari mana jika web ini tidak up date.
    Wassalamualaikum.

  4. Indah Novita Putri says:

    Mohon info, saya dinyatakan lulus administrasi dan sudah mencetak kartu peserta ujian. Tapi kenapa nama saya tidak tercantum di pengumuman baik untuk yang lulus maupun tidak lulus? Mohon penjelasannya. Terimakasih

    • mcbs01 says:

      Terima kasih atas informasinya, untuk kejelasan terkait hal tersebut, kiranya dapat dilakukan klarifikasi langsung ke BKPSDM Kabupaten Bengkulu Selatan sehingga dapat segera ditindaklanjuti.
      Terima kasih

  5. Ivan Irsyah says:

    Selamat siang,
    Mohon info, diperkirakan tanggal berapa untuk pelaksanaan tes SKD di Kabupaten Bengkulu Selatan?
    Terima kasih.

  6. rizka says:

    mohon info kapan pengumuman hasil SKD ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen + 2 =