Revisi Perda PBB, Target Rp 1 Miliar

MC. KOMINFO B/S, KOTA MANNA – Rendahnya target maupun realisasi pendapatan daerah yang bersumber dari pajak maupun retribusi daerah dikarenakan ada beberapa kendala. Salah satunya terbentur dengan ketetapan yang diatur dalam Perda yang ada sekarang dinilai sudah tidak sesuai dengan kondisi sekarang.
Untuk itu, Pemkab BS berencana mengajukan revisi Perda nomor 2 tahun 2013 tetang Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2). Jika revisi Perda sudah dilakukan, ditargetkan realisasi perolehan pendapatan akan lebih meningkat. Untuk kurun waktu tiga tahun terakhir besaran target pendapatan dari PBB-P2 rerata berkisar Rp 700 sampai Rp 900 juta setahun. Akan tetapi jika Perda sudah selesai direvisi, maka target PBB-P2 untuk tahun 2019 nanti akan ditargetkan mencapai Rp 1 miliar. “Selama ini pendapatan daerah masih sangat kecil dan perlu ditingkatan, oleh karena itu untuk kedepan targetnya akan dinaikan,” ujar Asisten I Setkab BS, Yunizar Hasan, MAP.
Dijelaskan Yunizar, salah satu sumber pendapatan yang berpotensi dapat dinaikan yakni sektor PBB-P2. Untuk itu, dengan pengajuan revisi Perda terutama mengenai besaran tarif dan NJOP maka akan berpengaruh dengan kontribusi pendapatan. “Tadi (kemarin), sudah dirapatkan bersama dengan OPD terkait agar dilakuakn perubahan besaran ketetapan PBB sehingga tahun depan target PBB-P2 bisa ditingkatkan, termasuk mengoptimalkan potensi objek pajak yang selama ini belum terakomdir,” pungkasnya. (MC.Kominfo)

You may also like...

1 Response

  1. sasmuarsan says:

    Bagai manna jika kita ingin memasukan artikel seperti Promosi Penanaman Modal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *