Dengan OSS, Urus Perizinan Tak Perlu ke Lokasi

MC.KOMINFO B/S. Setelah sukses menerapkan aplikasi Si Cantik Cloud dan dua aplikasi lainnya, aplikasi Spipise dan aplikasi Sistem Informasi Perusahaan Online (SIPO), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Bengkulu Selatan dalam waktu dekat akan kembali meluncurkan aplikasi baru. Aplikasi tersebut adalah sistem perizinan secara elektronik atau online single submission (OSS) sebagai tindak lanjut Perpres 91/2017.
Dengan OSS, proses perizinan akan diawasi langsung oleh pihak kementerian terkait dan presiden. Dengan menerapkan aplikasi OSS, akan semakin memudahkan permohonan perizinan bagi pengusaha.
“Aplikasi OSS ini merupakan sistem perizinan yang terintegrasi yang tidak dibatasi dengan jarak, ruang dan waktu. Pemohon bisa mengajukan izin tidak harus berada di satu wilayah, selagi persyaratan lengkap, bisa dengan cepat diproses,” ujar Kepala DPM-PTSP BS, Drs. H. Samsu Hardi, MSi usai rapat bersama OPD terkait persiapan penerapan aplikasi OSS di lingkungan Pemkab BS, kemarin (22/5).
Dengan OSS, pengusaha yang ingin membuka usaha di Bengkulu Selatan tidak perlu pergi ke BS untuk mengurus izin. Cukup mengurus izin di website OSS.
“Saat ini kami masih dalam tahap persiapan, termasuk melibatkan OPD terkait pelimpahan kewenangan perizinan dan identifikasi. Kami targetkan secepatnya diterapkan arena aplikasi ini juga menaungi tiga aplikasi yang sudah ada di DPM-PTSP,” pungkasnya. (ali.MC KOMINFO)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *