Bengkulu Selatan Tuntaskan Persiapan PEDA-KTNA

MC.KOMINFO B/S. Kabupaten Bengkulu Selatan menjadi tuan rumah gelaran Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (PEDA KTNA) 2018. Berbagai persiapan sudah dilaksanakan untuk menyambut even tingkat provinsi yang digelar pada 18-24 Juli 2018.

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Bengkulu serta Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Bengkulu, sudah melakukan monitoring lokasi persiapan PEDA KTNA, Selasa (3/7/2018).
Kepala BPTP Provinsi Bengkulu, Dr. Ir. Darkam Musaddad, M.Si, mengatakan penataan tanaman di lokasi PEDA KTNA sudah sesuai rencana dan rancangan yang disepakati. Seluruh komoditi sayuran dan tanaman pertanian lainnya juga sudah ditanam.

“Tinggal tahap penyelesaian lagi. Sejauh ini dari pantauan kami sudah sesuai rencana dan rancangan,” ujarnya.

Dia berharap inovasi teknologi pertanian yang ditampilkan pada PEDA KTNA ini dapat memotivasi masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumah untuk ditanami tanaman pangan, sayuran dan buah-buahan. “Coba bayangkan berbagai tanaman pangan atau hewan ternak dengan berbagai inovasi pengelolaan ditanam di pekarangan rumah tentu akan lebih banyak manfaatnya,” ujar Darkam.

Terpisah, Kepala Dinas pertanian Kabupaten Bengkulu Selatan, Sukarni SP, M.Si, berharap para petani serta masyarakat meniru inovasi dan teknologi pertanian pada PEDA KTNA nanti. Penataan tanaman di lokasi PEDA KTNA akan terus dilakukan hingga hari pelaksanaan.

“Meningkatkan minat tanam jagung dan kedelai serta buah-buahan kepada para petani. Tentunya dengan menerapkan teknologi pertanian yang ada saat ini. Apalagi sesungguhnya Bengkulu Selatan ini sangat cocok ditanami jagung dan kedele. Untuk persiapan boleh dikatakan 90 persen siap,” ujar Sukarni.
Hampir Rampung
Persiapan pelaksanaan PEDA-KTNA Provinsi Bengkulu yang menyisahkan waktu dua pekan lagi terus digeber. Untuk itu, panitia terus mematangkan persiapan secara umum agar pada hari pelaksanaan tidak ada kendala yang menghambat.

Pada pelaksanaan PEDA KTNA nantinya, akan dibuka langsung oleh Plt Gubernur Bengkulu, H. Rohidin Mersyah. Persiapan fisik dan infrastruktur kegiatan pun sudah mencapai 93 persen.

“Berdasarkan hasil rapat panitia dan laporan masing-masing OPD terkait kesiapan penyelenggaraan, dipastikan sudah siap. Tinggal lagi beberapa persiapan yang memang harus dilakukan jelang hari pelaksanaan seperti pemasangan panggung dan 36 tenda stand yang disiapkan untuk pameran,” ujar Sukarni.

Dijelaskan Sukarni, penyelanggaraan PEDA KTNA melibatkan seluruh Kabupaten/Kota, sebagai wadah berkumpulnya petani dalam merumuskan kebijakan dan alih teknologi pertanian. Masing-masing daerah akan menampilkan produk unggulan masing-masing. Bengkulu Selatan sendiri rencananya tetap akan mengunggulkan peternakan dan pertanian.

Untuk lokasi pelaksanaan, dipusatkan di kebun buah Padang Panjang. Sedangkan pembukaan dan penutupan akan dilaksanakan di Stadion Padang Panjang.

“Selain kegiatan pameran, juga ada bazar dan penampilan produk unggulan dan pentas seni. Rencananya juga akan meninjau lokasi pertanian termasuk di Seginim dan Desa Air Sulau,” demikian Sukarni. (ali.MC KOMINFO)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *