Hemat Anggaran, Dinas Kominfo Pasang Jaringan Intranet

MC.KOMINFO B/S. Untuk merealisasikan rencana penerapan jaringan terintegrasi dengan seluruh Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan yang berbasis online. Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Bengkulu Selatan menyiapkan pemasangan tower jaringan intranet terintegrasi. Hal ini guna memasilitasi semua OPD untuk bisa mengakses internet secara terpadu. Mulai dari E-Planing, E-Budgeting, dan E-Kinerja.

Dengan adanya jaringan intranet, jaringan masing-masing OPD akan terintegrasi dan dipusatkan di Dinas Kominfo Bengkulu Selatan. Dengan hitung-hitungannya, ini diharapkan dapat menghemat dan menekan anggaran daerah.

Selama ini, total penggunaan biaya internet seluruh OPD setahun mencapai Rp 1,5 miliar. Dengan intranet, cukup menghabiskan biaya berkisar Rp 800 juta setahun.

“Sekarang ini jaringan internet baru sebatas 30 OPD, kedepan akan ditingkatkan juga di sebelas kecamatan. Rencananya di perubahan anggaran 2018 ini akan dilakukan pemasangan jaringan di kecamatan, agar jaringan internet untuk mendukung pelayanan online yang direncanakan pemerintah daerah bisa terwujud,” ujar Kepala Dinas Kominfo Bengkulu Selatan, Supran MH.

Dijelaskan Supran, pemasangan jaringan intranet ini juga dalam mendukung program Rencana Aksi Penerapan Aplikasi Pencegahan Korupsi Terintegrasi dalam menerapkan, aplikasi E-Planning, E-Perizinan dan E-Budgeting. “Pemasangan jaringan intranet di setiap OPD ini dengan harapan bisa memudahkan pelayanan masyarakat di semua bidang,” pungkasnya. (ali.MC KOMINFO)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *