Plt Bupati Berharap Festival Ayiak Manna Digelar Berkelanjutan

MC.KOMINFO B/S. Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bengkulu Selatan sukses menggelar kegiatan Festival Ayiak Manna, Sabtu (21/7). Even yang bertujuan melestarikan seni budaya serta adat istiadat sekaligus mengenalkan objek wisata di Bengkulu Selatan ini menyajikan berbagai perlombaan. Yakni Rally Rakit Tradisional yang diikuti 80 peserta, Festival Kuliner Khas Bengkulu Selatan, Lomba Lagu Daerah, Bazar Oleh-oleh dan Unjuk Budaya, Musik dan Seni Tari yang ditampilkan para pelajar Bengkulu Selatan.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi, menyebut even ini harus bisa menjadi pendongkrak perekonomian masyarakat dan kunjungan wisatawan baik dari dalam daerah dan luar daerah. Dia berharap Festival Ayiak Manna diseriusi, khususnya bagi Dispar Bengkulu Selatan.

Untuk lebih menarik perhatian wisatawan, Plt Bupati meminta even tersebut dikombinasikan dengan even-even lain. “Misalnya, digandeng dengan even Bimbang Adat. Nah saya minta even ini kembali digelar tahun depan. Saya minta OPD wajib mengirimkan perwakilan guna memeriahkan,” ujar Gusnan.

Terpisah, Kepala Dispar Bengkulu Selatan, Drs. H. Yulian Fauzi MAP, mengaku siap menyelenggarakan Festival Ayiak Manna pada 2019 mendatang. Tentunya kegiatan yang digelar lebih banyak agar lebih meriah dan bernuansa tradisional.

“Kita merencanakan lagi tahun depan untuk menggelar kegiatan serupa. Dukungan pemerintah daerah dan seluruh instansi terkait, tentu kami harapkan demi kemeriahan kegiatan dan tercapainya tujuan memancing wisatawan, melestarikan budaya serta meningkatkan perekonomian,” ujar Penjabat Sekda Bengkulu Selatan ini.

Festival Ayiak Manna 2018 dipusatkan di Pantai Pasar Bawah ini dihadiri Unsur FKPD BS. Untuk lomba Rally Rakit Tradisional, dibagi dua kategori. Yakni umum dan peserta Peda KTNA. Untuk kategori umum juara 1 berhak membawa pulang satu unit sepeda motor dan uang tunai Rp 3 juta yang dimenangkan peserta dari Desa Tanjung Aur II. Sedangkan kategori peserta Peda KTNA, tim tuan rumah berhasil menjadi pemenang.

Lomba Rally Rakit, sambung Yulian, dimulai pukul 10.15 WIB. Para peserta mengarungi Sungai Air Manna dari jembatan Tanjung Cermin Desa Air Umban dan berakhir di Muara Pantai Pasar Bawah, tepatnya depan Tempat Pelelangan Ikan (TPI).

“Untuk hadiah utama motor, hanya diberikan kepada juara I kategori umum. Pemenang dari Peda KTNA hanya mendapat uang tunai. Suksesnya kegiatan ini tidak luput dari dukungan seluruh pihak yang terlibat baik itu sponsor maupun panitia,” tegas Yulian.

Sementara itu, selain Festival Ayiak Manna, Peda-KTNA menggelar Temu Kelembagaan Penyuluh, peserta Peda KTNA dari 10 kabupaten/kota kemarin juga mengikuti berbagai lomba yang semua dipusatkan di Gedung Olahraga (GOR) Padang Panjang. Di antaranya lomba meracik pelet.

Bukan hanya praktik, tiga orang per tim juga diuji secara teori. Mereka diminta menjelaskan bagaimana meracik pelet atau pakan ikan sebagai 10 kg dengan kandungan protein 25 persen dengan bahan tepung ikan dengan kandungan protein 60 persen, jagung giling dengan protein 8,6 persen, dan dedak halus 9,6 persen.

Setelah meracik, peserta juga diuji keahliannya dalam menenukan jenis kelamin ikan. Sementara di luar GOR, peserta juga diuji ketangkasan dalam mengupas kelapa dan membersihkan bulu ayam. Waktu, kebersihan, ketepatan menjadi tolok ukur Dewan Juri dalam memberikan penilaian.
“Selain lomba, ada juga karya wisata. Tujuannya kebun buah Seginim dan peternakan Desa Trans Sulau,” tutur Ketua KTNA BS, Ruslan Mojoarjo, S.Sos. (ali.MC KOMINFO)

DAFTAR JUARA RALLY RAKIT FESTIVAL AYIAK MANNA 2018

Kategori Peserta Peda KTNA;
Juara I Bengkulu Selatan
Juara II Seluma
Juara III Kaur
Harapan I Mukomuko
Harapan II Rejang Lebong
Harapan III Kota Bengkulu

Kategori Umum;
Juara I Desa Tanjung Aur II
Juara II Desa Suka Bandung
Juara III Desa Bandar Agung
Harapan I peserta nomor 71
Harapan II Dinas Perpustakaan dan Kearsipan
Harapan III Desa Sebilo

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *