Berita Daerah Berita Nasional DINAS

Mendes PDTT Janjikan Fasilitasi Keluhan Nelayan ke KKP

MC.KOMINFO B/S. Menteri Desa, Pembangunan Daerah Terpencil dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo, berjanji akan memperjuangkan aspirasi nelayan Pantai Pasar Bawah. Hal itu disampaikan pada kunjungan Mendes PDTT ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pasar Bawah, Jumat (14/9).
Dalam kunjungan singkat tersebut, Mendes PDTT mendapatkan berbagai pertanyaan dari para nelayan, terutama masalah janji pemerintah untuk membangun pemecah gelombang (break water). Keluhan tersebut kemudian dicatat oleh Mendes PDTT dengan janji akan melanjutkan usulan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).
Tokoh Nelayan Pasar Bawah, Suwandi, menyampaikan jika nelayan Pasar Bawah sangat sulit berkembang perekonomiannya jika pintu keluar-masuk Muara Sungai Air Manna terus mengalami pendangkalan. Berhadapan dengan Samudera Hindia, ombak besar menjadi tantangan bagi para nelayan untuk melaut maupun mendarat.
“Dengan penghasilan yang tidak menentu, setiap kali melaut kami membutuhkan biaya BBM jenis premium yang tinggi. Tentunya hal ini menyulitkan perekonomian nelayan berkembang,” ungkap Suwandi di hadapan Mendes PDTT, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi, dan Anggota DPD RI, Ahmad Kanedi.
Melihat kesulitan para nelayan, Mendes PDTT mengusulkan agar para nelayan juga mencoba pengembangan perikanan darat. “Tadi saya bertanya kepada pak Bupati, kenapa nelayan tidak mengembangkan jaring apung. Tapi akhirnya saya tahu jika hal itu tidak memungkinkan. Karena laut kita ini laut lepas yang ombaknya sangat tinggi,” tegas Mendes PDTT.
Mengakhiri diskusi, Mendes PDTT menyebut akan berupaya memfasilitasi Plt. Bupati mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan untuk menyampaikan usulan pembangunan break water yang dibutuhkan nelayan demi menjaga keselamatan mereka ke KKP.
Sebelumnya, Plt Bupati, Gusnan Mulyadi, dalam kata sambutannya mengaku Pantai Pasar Bawah sangat membutuhkan pengembangan pelabuhan pendaratan nelayan. Upaya pembuatan pelabuhan sudah diusulkan ke pusat, meski realisasi belum berjalan.
“Pak Menteri, kami sangat berterima kasih dengan bapak yang sudah menyempatkan diri berkunjung ke Bengkulu Selatan ini. Semoga kedatangan bapak dapat memacu peningkatan pembangunan maupun perekonomian nelayan,” demikian Plt Bupati. (ali. MC KOMINFO)

 

One Reply to “Mendes PDTT Janjikan Fasilitasi Keluhan Nelayan ke KKP

Comments are closed.