APBD Bengkulu Selatan

Dalam upaya percepatan pencapaian visi dan misi Kabupaten Bengkulu Selatan, Pemerintah Daerah terus berupaya meningkatkan kinerja pembangunan di semua sektor secara menyeluruh guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, yang ditandai dengan peningkatan daya beli masyarakat, menurunnya angka kemiskinan, meningkatnya indeks pembangunan manusia dan semakin baiknya pelayanan publik.

Untuk membiayai belanja pembangunan yang dilakukan, memanfaatkan seoptimal mungkin pendapatan daerah baik itu yang bersumber dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta pendapatan-pendapatan lainnya seperti Dana Perimbangan dan Pendapatan lain-lain yang sah. Pendapatan yang bersumber dari Dana Perimbangan masih mendominasi pendapatan daerah. Namun Pemerintah Daerah tetap berupaya untuk menggali sumber-sumber pendapatan dari potensi daerah yang masih memiliki prospek bagus untuk dikembangkan, diantaranya potensi pariwisata, UMKM, Perkebunan, Pertanian dan Perikanan serta potensi lainnya.

Berikut gambaran APBD Kabupaten Bengkulu Selatan dari tahun 2015-2018.

[easy_chart chart_id=’2894′]

Pertumbuhan APBD Kabupaten Bengkulu Selatan selama 5 (lima) tahun terakhir menunjukkan fluktuasi, baik dari sisi pendapatan, belanja maupun pembiayaan. Namun komposisi APBD setiap tahunnya masih di dominasi pendapatan yang bersumber dari Dana Perimbangan. Hal ini menunjukkan bahwa Kabupaten Bengkulu Selatan masih memiliki ketergantungan yang sangat besar terhadap asupan Dana Perimbangan dari Pemerintah Pusat. Meskipun demikian, secara bertahap Pemerintah Daerah tetap berusaha untuk meningkatkan capaian pendapatan yang bersumber dari Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Komposisi APBD Kabupaten Bengkulu Selatan dapat dilihat pada bagan berikut:

[TABS_R id=2903]

Sumber : BPKAD Kab. Bengkulu Selatan, 2018